Selasa, 04 Desember 2012

P.E.R.T.E.M.A.N.A.N

Diceritakan oleh neng-nong di 12/04/2012 02:40:00 PM



A. Teman menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : 
1. 1 kawan; sahabat: hanya -- dekat yg akan kuundang; 2 orang yg bersama-sama bekerja (berbuat, berjalan); lawan (bercakap-cakap): -- seperjalanan; ia -- ku bekerja; 3 yg menjadi pelengkap (pasangan) atau yg dipakai (dimakan dsb) bersama-sama: ada jenis lumut yg biasa dimakan untuk -- nasi; pisang rebus enak untuk -- minum kopi; 4 cak saya (di beberapa daerah dipakai dl bahasa sehari-hari): tiada -- menaruh syak akan dia;
usahlah -- dimandi pagi, pb tidak usah kamu lebih-lebihkan (kaupuji-puji);
-- hidup orang yg dijadikan pasangan hidup (istri atau suami); -- nasi lauk-pauk atau sayur; -- sejawat kawan sepekerjaan;
ber·te·man v 1 berkawan; bersahabat; 2 tidak seorang diri; ada temannya; 3 beriring (dng): setiap pelopor selalu ~ dng berbagai kesukaran;
me·ne·mani v mengawani; menyertai; mengiring(i): aku ~ Ibu melihat demonstrasi pembuatan kue;
per·te·man·an n perihal berteman: sebenarnya ~ saya dng dia memang boleh dikatakan kilat;
pe·ne·man v yg menemani; yg mengawani: suara syahdu penyanyi di radio menjadi satu-satunya ~ kegundahan hatinya


B. Arti dan tingkatan pertemanan menurut gw :
1. Rekan : seseorang yang hanya bertemu di satu tempat, lalu melakukan aktivitas bersama setelah itu tak ada lagi ikatan emosional apapun.
2. Teman : seseorang yang kenal denganmu, tapi tidak terlalu tahu banyak tentang kehidupanmu lebih lanjut, hanya tahu permukaannya saja.
3. Sahabat : seseorang yang kau percayai luar dalam, dan leluasa bercerita. Mulai dari curhat-curhat ria gak penting sampai yang beneran penting. 

Dan diumur gw yang udah "lumayan banyak" ini (gak mau bilang tua:p) gw pun tetap aza masih suka ketipu penampilan luar seakan-akan dia adalah teman terbaik atau sahabat padahal gak lebih dari sekedar rekan biasa saja.
gw juga sering melakukan kesalahan, menganggap seseorang itu teman terbaik dan mengabaikan yang lainnya. padahal justru yang terabaikan itu adalah orang yang lebih care dan lebih baik ke gw..bodohnya gw #tepuk jidat.

Yaaaa ternyata umur dan pengalaman belum juga membuat gw jadi seorang yang bijak, seorang yang bisa mengetahui mana yang real teman dan mana yang hanya teman palsu.

Pertemanan itu memang gak mudah, disana terdapat pengorbanan kepentingan pribadi, perasaan gak enakan dll, yang terkadang karena pertemanan itu kita gak bisa jadi diri sendiri dan apa adanya karena kita harus mengutamakan kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi (ahhh kayak jaman PMP dulu :p). Tapi bagian tersulit adalah mempertahankan pertemanan itu sendiri.
Pertemanan itu akan datang dan pergi, atau bahkan hilang sama sekali terkikis oleh seleksi alam, baik itu karena alasan kebahagiaan ataupun alasan kesedihan seperti hal dibawah ini :

1. Kita bisa kehilangan teman saat dia PUNYA PACAR BARU ATAUpun saat SUDAH MENIKAH, kehilangan disini adalah kehilangan waktu bersama yang bebas seperti saat sang teman masih single dan belum terikat. Mereka bahagia dan gw pun senang mereka menemukan kebahagiaannya..tapi ada sedikit desir dihati, sedih saat tahu bahwa waktu kita tak akan lagi seperti dulu :(
Disinilah dituntut pengertian dan kedewasaan bahwa gw pun harus tahu diri karena waktunya bukan lagi milik mereka sendiri, bahwa mereka harus lebih memprioritaskan keluarga yang sedang dibinanya. #ya baiklaaah

2. Kehilangan temanpun bisa terjadi saat kita BERPISAH JARAK, RUANG DAN WAKTU. Dalam fase kehilangan ini, kita benar-benar kehilangan waktu bersama, dan juga kehadirannya secara nyata. palingan hanya bisa berkomunikasi melalui jejaring sosial, sms atau BBM-an semata atau bisa sesekali ketemuan karena kesibukan masing-masing yang suka bentrok waktunya -_-"

Sering gw merasa bersalah karena gak sempatin waktu menyapa kalian, walau hanya melalui SMS, BBM, telp, facebook ataupun twitter. Kedepannya gw harus jadi teman yang lebih baik lagi buat kalian yang sudah berbaik hati ke gw:) *makasih yaa

Teman terbaik tetap dan selalu ada dihati, tapi gw harusnya juga lebih mengekspresikan kerinduan jalan bersama, nongkrong gak jelas sampai curhat-curhatan yang bikin mata bengkak.
mmm....kadang gw suka sungkan kalo mau ngajakin kalian ngehabisin waktu bersama..karena gw takut dan gak mau ditolak aza gitu (hahahaha, alasan bodoh ya:p)......

ya intinya ke depannya gw harus bisa memperlakukan kalian lebih baik dari yang sekarang karena gwpun akan bersikap lebih care ke orang yang memang care ke gw.
Terus gimana dong klo yang gak care tapi udah keburu gw anggap sebagai teman terbaik?..ya tinggal coret aza namanya dihatiku #jiaaaah. 

3. TAK LAGI SEPAHAM, adalah fase kehilangan teman yang teringan karena perpisahan ini bukan karena keadaan tapi karena kesadaran diri bahwa dia memang tak cocok lagi dengan kita. udah ah sebodo amat, lo mau jungkir balik sekalipun EGP..bukan urusan gw lah ya...hahahahaha

dan gw sangat setuju seperti apa yang mbak cisca dv bilang : "TEMAN ITU KAYAK TAS, SEDIKIT TAPI ASLI LEBIH BAIK DARIPADA BANYAK TAPI PALSU"

luv u all :)

#tulisan ini teruntuk teman yang telah datang dan pergi, juga untuk yang masih setia dihati,  terima kasih mengisi lembar kehidupan gw.


 

printal printil Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei