Selasa, 23 April 2013

Festival Kuliner Minang

Diceritakan oleh neng-nong di 4/23/2013 03:26:00 PM
Festival ini diadakan hari Minggu, 21 April 2013 di Anjungan Sumatra Barat Taman Mini Indonesia Indah.






Acaranya terdiri dari lomba masak makanan padang, tarian dan lagu-lagu minang. Ada satu hal yang menarik dalam kata-kata sambutan oleh dinas pariwisata propinsi Sumatra Barat, disitu dibilang bahwa selama ini setiap daerah berlomba-lomba menarik wisatawan asing tapi agak sedikit melupakan wisatawan domestik, contohnya wisatawan asing yang datang ke Padang hanya sekitar 500.000 orang pertahun tapi mereka menuntut hotel yang bagus, fasilitas yang serba wow memang itu bagus tapi kadang karena fokus ke wisatawan asing kita menjadi lupa dengan wisatawan domestik. Sudah saatnya kita berpikir bahwa orang minang yang merantau dan pulang kampung saat lebaran dan hari libur panjang itu adalah wisatawan juga yang harus kita pikirkan kebutuhan hiburan mereka saat berada di Padang, kita jadikan mereka nyaman dan tidak perlu bingung mencari hiburan dan pelajaran adat istiadat yang ada maka itu kami akan membuat acara-acara semacam ini saat liburan ataupun event-event tertentu agar masyarakat minang bisa mengenali tradisinya dengan baik. Ya saya setuju..bahkan sangat setuju malah, memang sudah saatnya kita pun harus memikirkan juga wisatawan domestik..karena kalo wisatawan domestik aza nyaman dan senang berlibur di negara kita sendiri pasti wisatawan asing juga akan berlomba-lomba datang ke negara cantik kita ini.

Oh ya, di acara ini juga ada tarian yang bikin bulu kuduk gw dan temen2 merinding, namanya tari Indang Bapusing yang berasal dari daerah pesisir Sumatra Barat. Sebenarnya tari indang ini sendiri setiap daerah berbeda-beda dan yang paling terkenal adalah tari indang badindin seperti berikut :



tapi untuk indang yang satu ini berbeda dan juga gak kalah keren loh, cekidoot :



huwaaaaaaaaaaaa..jadi makin pengen melestarikan tarian minang ;)

Untuk acara perlombaan masaknya terdapat 20 peserta dengan macam-macam masakan, namun tema masakan utamanya adalah asam Padeh Dagiang dan Gulai Gajebo dengan menu kudapan : Lompong Sagu, Kacimuih, Paruik Ayam, Lamang Baluo (bisa pilih salah satu).


- Gulai Gajeboh - 

Gulai Gajeboh  ini terdiri dari daging gajeboh yang juga dinamai sandung lamur,  merupakan bagian daging sapi yang hampir semuanya terdiri dari lemak kenyal (yang berada di bagian punuk sapi).



-Telor Ceplok ala Padang-


Ternyata emang gini kali ya telor ceplok ala padang, sama seperti yang nyokap gw buat.






- Kacimuih berbagai model -


Kacimuih ini terbuat dari singkong kukus dengan taburan kelapa dan dicocol dengan gula putih atau gula merah yang dicairkan, sesuai selera aza.. ..kerennya ada salah satu peserta yang menampilkan resepnya juga looh..



- Paruik Ayam-


Paruik Ayam ini berarti perut ayam, tapi gak tau juga sih kenapa kue ini disebutnya kue paruik ayam..hahaha..info gak guna:p



- ongol-ongol sagu-

paling cantik yang hiasan di gambar pertama ya, kalo yang kedua maksa banget hiasannya.

-Lompong Sagu-


sayangnya makanan diatas cuma bisa dilihat gak boleh diicip, cuma boleh diicip oleh juri.-_-..ya iyalah yaa, kalo penonton mau semua bisa kehabisan jurinya..wkwkwkwkwkwk.

Disini juga ada bazaar makanan, dvd/vcd lagu minang, kerajinan tas dll.




- Ketan Srikaya-

Dan kebetulan juga hari itu ada pawai kebudayaan :

















.Indonesia harus punya banyak acara seperti ini nih...terima kasih TMII..terima kasih penggagas TMII ^_^
 

printal printil Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei